BAB III.
KOMPONEN
KURIKULUM SMP NEGERI 1 KURUN
A. Visi, Misi
dan Tujuan SMP Negeri 1 Kurun
Visi
Sekolah
Berakhlak mulia
serta berkearifan lokal,
berprestasi, bersikap kritis,
terampil dan
mandiri.
Indikator Pencapaian Visi Sekolah
:
Visi
|
Indikator
|
Berahlak Mulia dan
Berkearifan Lokal
|
§ Unggul
dalam disiplin diri dan lembaga
§ Unggul
mempraktikan ajaran agama dan budi pekerti
§ Unggul melaksanakan
kegiatan agama
§ Unggul
dalam aktivitas budaya dan adat istiadat.
|
Berprestasi dan Bersikap
Kritis
|
§ Unggul
dalam pencapaian Nilai UN.
§ Unggul
dalam Lomba Akademis
§ Unggul
dalam Lomba non Akademis.
§ Unggul
dalam aktivitas Sosial.
|
Terampil dan Mandiri
|
§
Unggul dalam mepresentasikan ketrampilan
berfikir.
§
Unggul dan diterima di sekolah favorit
lanjutan.
§
Unggul mengembangkan penelitian ilmiah
remaja.
|
Misi Sekolah
Mengoptimalkan sumber daya pendidikan,
tenaga pendidik, sarana/prasarana, dan manajemen mutu untuk mempersiapkan
peserta didik dan Lulusan bersaing
dan berprestasi di pendidikan lanjutan.
Indikator pencapaian Misi Sekolah :
Misi
|
Indikator
|
Mengoptimalkan sumber daya
pendidikan, tenaga pendidik, sarana/prasarana dan manajemen mutu
|
§ Melaksanakan
pembelajaran yang efektif dan bermakna oleh semua Pendidik melalui manajemen
pendidik yang efisien, basis kinerja dan profesionalisme tinggi.
§ Menyediakan
sarana/prasarana pendidikan dan pembelajaran sesuai dengan kemampuan dan
kebutuhan terkini pendidikan.
§ Meningkatkan
partisipasi orang tua murid dan masyarakat dalam pengembangan mutu satuan.
§ Melaksanakan
peningkatan mutu pendidik melalui Gugus Mapel, MGMP, IHT, Workshop dan
pengembangan mutu mandiri Guru Sertifikasi.
§ Memfasilitasi
kegiatan ekstrakurikuler dan partisipasi berbagai kegiatan lomba akademis dan
non akademis di tingkat Kabupaten dan Provinsi.
|
Mempersiapkan daya saing
peserta didik dan Lulusan di Jenjang pendidikan lanjutan
|
§ Melaksanakan
penjaminan mutu pendidikan dan peningkatan mutu pendidikan melalui manajemen
pendidik dan pembinaan kinerja Guru Mapel dan Guru BK.
§ Mengintensifkan
paket SKL pada semua Mapel secara bertahap mulai kelas VII, dan penajaman
muatan pembelajaran Mapel yang diujinasionalkan.
§ Mendorong
tumbuhnya budaya mutu melalui peningkatan akses e-litersi bagi semua pendidik
dan peserta didik.
|
Tujuan
Sekolah
“ Meningkatkan prestasi dan daya saing peserta didik dan
lulusan ”
Indikator
Pencapaian Tujuan Sekolah :
Tujuan
Sekolah
|
Indikator
|
Meningkatkan prestasi dan
daya saing peserta didik
|
§ Meningkatkan
kinerja pembelajaran melalui manajemen tenaga pendidik, penjaminan dan
peningkatan mutu pendidikan berbasis Guru Mapel dan Guru BK.
§ Meningkatkan
standar proses, standar penilaian dan standar pengelolaan secara terukur
menuju peningkatan Standar Kompetensi Lulusan.
§ Secara
bertahap menetapkan KKM semua Mapel
di Kelas VII semester-1 =
7,5 dan KKM semua Mapel di Kelas IX,
semester -5 dan semester-6, minimal =
8,3 sampai 8,5 sejak tapel 2014/2015.
§ Tahun
Pelajaran 2014/2015 terbentuk Gugus Depan Pramuka 01-02 Tjilik Riwut, di
SMPN-1 Kurun secara aktif.
§ Terlaksananya
kegiatan UKS, PIKKR, dan PMR secara nyata mulai Tapel 2014/2015.
§ Terbentunya
Gugus Tetap Paduan Suara, Gugus Kreatifitas PAI, Gugus Tari minimal Tapel 2015/2016.
§ Pembudayaan
Sekolah melalui Kegiatan Sekolah Hijau, Sekolah Adiwiyata, Sekolah Sehat dan
Duta Sanitasi Sekolah.
§ Terbentuknya
Tim Olimpiade Sains, FL2SN dan O2SN yang berprestasi ( minimal juara harapan
) di tingkat propinsi Tapel 2015/2016.
§ Meningkatnya
partisipasi dan terpilihnya Tenaga Pendidik untuk Lomba Guru Berpretasi dan
Partisipasi Guru Sains dalam Olimpiade Guru Sains pada Tapel 2014/2016.
|
Meningkatkan prestasi dan
daya saing Lulusan
|
§ Menetapkan
Nilai Akhir Sekolah = 7,0 dan Nilai
Akhir Ujian Nasional = 6,0 sejak tapel 2014/2015.
§ Membimbing
Peserta Didik dengan Jalur Berpretasi, diterima disekolah unggulan di Gunung
Mas dan di Kota Palangkaraya.
§ Menyediakan
kegiatan ekstrakurikuler wajib minimal 2 kegiatan bagi seluruh peserta didik.
§ Membimbing
peserta didik mengoptimalkan kemampuannya melalui kegiatan Pengembangan diri.
§ Meningkatkan
daya saing melalui pembinaan Komunitas antar Alumni SMPN-1 Kurun.
|
B.
Muatan Kurikulum SMPN-1 Kurun Tahun Pelalajaran
2014/2015
Muatan Kurikulu SMP Negeri 1 Kurun, terdiri dari : Muatan
Kurikulum Nasional, Muatan Kurikulum Tingkat Daerah, dan Muatan Kekhasan Satuan
Pendidikan.
Muatan
kurikulum pada tingkat nasional yang dimuat dalam KTSP adalah sebagaimana yang
diatur dalam ketentuan : untuk SMP/MTs mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan
Kebudayaan Nomor 68 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum
SMP/MTs;
Muatan kurikulum pada tingkat
daerah yang dimuat dalam KTSP terdiri atas sejumlah bahan kajian dan pelajaran
dan/atau mata pelajaran muatan lokal yang ditentukan oleh daerah yang
bersangkutan. Penetapan muatan lokal didasarkan pada kebutuhan dan kondisi
setiap daerah, baik untuk provinsi maupun kabupaten/kota. Muatan lokal yang berlaku untuk seluruh wilayah
provinsi ditetapkan dengan peraturan gubernur. Begitu pula halnya, apabila
muatan lokal yang berlaku untuk seluruh wilayah kabupaten ditetapkan dengan
peraturan bupati.
Muatan
kekhasan satuan pendidikan berupa bahan kajian dan pelajaran dan/atau mata
pelajaran muatan lokal serta program kegiatan yang ditentukan oleh satuan
pendidikan yang bersangkutan dengan mempertimbangkan kebutuhan peserta didik.
C.
Beban Belajar
Beban belajar dalam KTSP diatur
dalam bentuk sistem paket. Beban belajar dengan sistem paket sebagaimana diatur
dalam struktur kurikulum setiap satuan pendidikan merupakan pengaturan alokasi
waktu untuk setiap mata pelajaran yang terdapat pada semester gasal dan genap
dalam satu tahun ajaran. Beban belajar pada sistem paket terdiri atas pembelajaran
tatap muka, penugasan terstruktur, dan kegiatan mandiri. Beban belajar tatap muka, penugasan
terstruktur, dan kegiatan mandiri.
Beban belajar penugasan
terstruktur dan kegiatan mandiri pada satuan pendidikan yang menggunakan Sistem
Paket yaitu 0%-50% untuk SMP/MTs, dari waktu kegiatan tatap muka mata pelajaran
yang bersangkutan. Pemanfaatan alokasi
waktu tersebut mempertimbangkan potensi dan kebutuhan peserta didik dalam
mencapai kompetensi. Satuan pendidikan dapat menambah beban belajar per
minggu sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik.
Beban belajar merupakan
keseluruhan kegiatan yang harus diikuti peserta didik dalam satu minggu, satu
semester, dan satu tahun pembelajaran.
1.
Beban belajar di Sekolah Menengah
Pertama/Madrasah Tsanawiyah dinyatakan dalam jam pembelajaran per minggu. Beban belajar satu minggu Kelas VII, VIII,
dan IX adalah 38 jam pembelajaran. Durasi
setiap satu jam pembelajaran adalah 40 menit.
2. Beban belajar di Kelas VII, VIII, dan IX dalam satu semester
paling sedikit 18 minggu dan paling banyak 20 minggu.
3. Beban belajar di kelas IX pada semester ganjil paling sedikit 18
minggu dan paling banyak 20 minggu.
4. Beban belajar di kelas IX pada semester genap paling sedikit 14
minggu dan paling banyak 16 minggu.
5.
Beban belajar dalam satu tahun
pelajaran paling sedikit 36 minggu dan paling banyak 40 minggu.
D.
Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2014/2015
Kalender
pendidikan adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik
selama satu tahun ajaran yang mencakup permulaan tahun pelajaran, minggu
efektif belajar, waktu pembelajaran efektif, dan hari libur.
1.
Permulaan Waktu Pelajaran. Permulaan waktu pelajaran di setiap satuan
pendidikan dimulai pada setiap awal tahun pelajaran.
2. Pengaturan Waktu Belajar Efektif, sebagai berikut :
a. Minggu efektif belajar adalah jumlah minggu
kegiatan pembelajaran di luar waktu libur untuk setiap tahun pelajaran pada
setiap satuan pendidikan.
b. Waktu pembelajaran efektif adalah jumlah jam
pembelajaran setiap minggu yang meliputi jumlah jam pembelajaran untuk seluruh
mata pelajaran termasuk muatan lokal (kurikulum tingkat daerah), ditambah
jumlah jam untuk kegiatan lain yang dianggap penting oleh satuan pendidikan.
3.
Pengaturan Waktu Libur. Penetapan waktu libur dilakukan dengan mengacu
pada ketentuan yang berlaku tentang hari libur, baik nasional maupun daerah.
Waktu libur dapat berbentuk jeda tengah semester, jeda antar semester, libur
akhir tahun pelajaran, hari libur keagamaan, hari libur umum termasuk hari-hari
besar nasional, dan hari libur khusus.
Alokasi waktu minggu efektif
belajar, waktu libur, dan kegiatan lainnya tertera pada Tabel berikut ini :
No
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Keterangan
|
1
|
Minggu efektif belajar
|
Minimum 34 minggu dan maksimum 38 minggu
|
Digunakan untuk kegiatan pembelajaran efektif pada setiap satuan
pendidikan
|
2
|
Jeda tengah semester
|
Maksimum 2 minggu
|
Satu minggu setiap semester
|
3
|
Jeda antar semester
|
Maksimum 2 minggu
|
Antara semester I dan II
|
4
|
Libur akhir tahun pelajaran
|
Maksimum 3 minggu
|
Digunakan untuk penyiapan kegiatan dan administrasi akhir dan
awal tahun pelajaran
|
5
|
Hari libur keagamaan
|
2 – 4 minggu
|
Daerah khusus yang memerlukan libur keagamaan lebih panjang
dapat mengaturnya sendiri tanpa mengurangi jumlah minggu efektif belajar dan
waktu pembelajaran efektif
|
KALENDER
PENDIDIKAN SMPN-1 KURUN, TAPEL 2014/2015
Jadwal Kegiatan Akademik SMPN-1 Kurun Tapel 2014/2015
( Semester-1 ) :
No
|
Kegiatan
|
Tanggal
|
Penanggung
Jawab
|
Hasil /
sasaran
|
1
|
Kegiatan
PPDB 2014/2015
|
2 - 12
Juli 2014
|
WKS
Kesiswaan, dan Panitia
|
Terseleksi
186-192 siswa baru
|
2
|
MOS
bagi Calon PDB 2014/2015
|
14-15
Juli 2014
|
WKS
Kesiswaan dan Panitia
|
Terlaksananya
Orientasi PDB.
|
3
|
Pendaftaran
Ulang PDL 2014/2015
|
14-15
Juli 2014
4-5
Agts 2014
|
Wks
Kesiswaan dan Panitia
|
Terdaftar
Kembali PDL Tapel 2014/2015
|
4
|
Orientasi
Kurikulum 2013
|
4 – 9
Agts 2014
|
Kepsek
dan Wakasek Kurikulum.
|
PD
Lanjutan, Kelas VIII.
|
5
|
Orientasi Kurikulum dan Penyusnan RPP
|
4 – 9
Agts 2015
|
Kepsek,
WKS Kurikulum,
|
Semua
Guru mengajar di Kelas VII & VIII.
|
6
|
Penyusunan
Jadwal Pelajaran
|
4 – 9
Agts 2014
|
Wakasek
Kurikulum
|
Jadwal Semester-1
|
7
|
Kegiatan
Efektif Belajar, Semester-1
|
11 Agts
– 20 Des. 2014
|
Wakasek
Kurikulum, Guru Mapel.
|
Terlaksananya
KBM Sem-1, efektif.
|
8
|
Ujian
Tengah Semester-1
|
29 Sep
– 4 Okt. 2014
|
Guru
Mapel
|
Laporan
(Rapor) tengah semester.
|
9
|
Pengiriman
DNS UN 2015
|
31
Oktober 2015
|
Wakasek
Kurikulum
|
Daftar
DNS UN 2015
|
10
|
Ulangan
Umum Semester-1
|
8 – 16
Des. 2014
|
Wakasek
Kurikulum
|
Laporan
(Rapor) Semester-1.
|
11
|
Penggandaan
Soal Ulangan
|
4 Des.
2014
|
Panitia
/ Kepsek
|
Peyiapan
Bahan Ujian
|
12
|
Rapat
Evaluasi KBM hasil UTS
|
11 Okt.
2014
|
Kepsek,
pleno
|
Evaluasi
PHB dan KBM
|
13
|
PK-Guru,
Awal
|
Agt –
Okt. 2014
|
Guru
Penilai
|
Perhitungan
AKG.
|
14
|
Induksi
Gula
|
Agts –
Des. 2014
|
Mentor
Gula
|
Laporan
Sem-1.
|
15
|
Rapat
Evaluasi Hasil US-1
|
19 Des.
2014
|
Kepsek,
Pleno
|
Evaluasi
KBM Sem-1.
|
16
|
Pembagian
Rapor Sem-1
|
20 Des.
2014
|
Wali
Kelas
|
Peserta
Didik.
|
17
|
Penyusunan Jadwal Sem-2
|
15 – 18
Des. 2014
|
Wakasek
Kurikulum
|
Jadwal KBM Sem-2.
|
Jadwal Kegiatan Akademik SMPN-1 Kurun
Tapel 2014/2015 ( Semester-2 ) :
No
|
Kegiatan
|
Tanggal
|
Penanggung
Jawab
|
Hasil /
sasaran
|
1
|
Kegiatan
Efektif KBM Sem-2
|
5 Jan.
– 12 Juni 2015
|
Wakasek
Kurikulum, Guru Mapel.
|
Terlaksananya
KBM Sem-2, efektif.
|
2
|
Penyusunan
Jam Tambahan Mapel UN 2014/2015
|
12 – 17
Jan. 2015
|
Wakasek
Kurikulum
|
Jam
Tambahan Mapel UN.
|
3
|
Pelaksanaan
Jam Tambahan / Bimbingan UN 2015
|
19 Jan.
– 18 April 2015
|
Wakasek
Kurikulum, Guru Mapel UN
|
Peserta
Didik Kelas IX, Calon Peserta UN.
|
4
|
Uji
Coba Mandiri UN 2015
|
2 – 7
Peb. 2015
|
Guru
Mapel UN
|
Pemetaan
UN 2015
|
5
|
Ujicoba
UN Dinas Pendidikan
|
Maret –
April 2015
|
Guru
Mapel UN
|
Pemantapan
UN 2015
|
6
|
Penggandaan
Soal US 2015
|
19
Maret 2015
|
Wakasek
Kurikulum, Panitia US 2015
|
Penyiapan
Bahan US 2015
|
7
|
Ujian
Tengah Semester-2
|
30 Mart
– 4 Aprl 2015
|
Semua
Guru Mapel
|
Laporan
(Rapor) Tengah Semester-2.
|
8
|
Perkiraan
Ujian Sekolah 2015
|
27 – 30
Maret 2015
|
Wakasek
Kurikulum, Panitia US 2015
|
Ujian
Sekolah Tahun 2015
|
9
|
Pengiriman
Nilai Sekolah (NS)
|
6 – 11
Aprl 2015
|
Wakasek
Kurikulum
|
Daftar
NS-UN 2015
|
10
|
Ujian
Nasional Utama 2015
|
23 – 28
April 2015
|
Wakasek
Kurikulum, Panitia US/UN 2015
|
UN SLTP
Tahun 2015
|
11
|
Penggandaan
Soal US-2, 2015
|
29 Mei
2015
|
Panitia
/ Kepsek
|
Peyiapan
Bahan Ujian
|
12
|
Rapat
Penetapan Kelulusan
|
Minggu
ke-2 Juni
|
Pleno
Guru
|
Penetapan
Lulusan
|
13
|
Pelepasan
Alumni ke-59
|
Minggu
ke-2 Juni
|
Panitia
|
Pelepasan
Alumni ke-59 tapel 2014/2015.
|
14
|
Rapat
Kenaikan Kelas 2015
|
19 Juni
2015
|
Pleno
Guru
|
Penetapan
Kenaikan Kelas Tapel 2014/2015
|
15
|
Pembagian
Rapor Sem-2
|
20 Juni
2015
|
Wali
Kelas
|
Peserta
Didik Kelas VII dan Kelas VIII.
|
Catatan : Kegiatan Ulangan Harian, Pemberian Tugas mandiri
inklute didalam Kegiatan Efektif KBM
Guru Mapel. UTS inklute dalam kegiatan Guru Mapel ( waktu
pelaksanaan yang
diseragamkan ) untuk laporan tengah
semester.
Kalender Hari Libur Sekolah Tapel
2014/2015 :
No
|
Tanggal
|
Keterangan Libur
|
Keterangan lainnya
|
1
|
17 Juli – 2 Agts 2014
|
Libur Puasa dan Idul Fitri 2014
|
Libur Nasional
|
2
|
25 Oktober 2014
|
Libur Tahun Baru 1 Muharam 1436 H
|
Libur Nasional
|
3
|
22 Des 2014 – 2 Jan. 2015
|
Libur Semester Ganjil
|
Libur Sekolah
|
4
|
3 Januari 2015
|
Libur Maulid Nabi Muhammad
|
Libur Nasional
|
5
|
19 Pebruari 2015
|
Libur Tahun Baru Imlek
|
Libur Nasional
|
6
|
21 Maret 2015
|
Libur Hari Raya Nyepi
|
Libur Nasional
|
7
|
3 April 2015
|
Libur Hari Jum’at Agung
|
Libur Nasional
|
8
|
1 Mei 2015
|
Libur Hari Buruh Sedunia
|
Libur Nasional
|
9
|
14 Mei 2015
|
Libur Hari Kenaikan Yesus Kristus
|
Libur Nasional
|
10
|
15 Mei 2015
|
Libur Hari Isra Mi’raj Nabi
|
Libur Nasional
|
11
|
2 Mei 2015
|
Hari Pendidikan Nasional
|
Fakultatif, kegiatan menyesuaikan
|
12
|
23 Mei 2015
|
Hari Jadi propinsi Kalteng
|
Fakultatif, kegiatan menyesuaikan
|
13
|
21 Juni 2015
|
Hari Jadi Kabupaten Gunung Mas
|
Fakultatif, kegiatan menyesuaikan
|
14
|
17 Agustus 2015
|
HUT Kemerdekaan RI
|
Fakultatif, kegiatan menyesuaikan
|
15
|
22 Juni – 11 Juli 2015
|
Libur Jeda Tahun Pelajaran
|
Libur Sekolah
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar