6.
Wali Kelas
Daftar Pembagian
Wali Kelas Tapel. 2014/2015
|
|||||
RB
|
Nama Wali Kelas
|
RB
|
Nama Wali Kelas
|
RB
|
Nama Wali Kelas
|
Kelas VII
|
Kelas VIII
|
Kelas IX
|
|||
1
|
Apgrio Kartano, SPd.
|
1
|
Niva Siola, SPd.
|
1
|
Yono, SPd.
|
2
|
Winae, SPd.
|
2
|
Liling Lenlioni, SPd.
|
2
|
Heryati, SPd.
|
3
|
Sri Hayati, SPd.
|
3
|
Yudie, SPd.
|
3
|
Amelie, SPd.
|
4
|
Christy Lore A., SPd.
|
4
|
Brisnie, SPd.
|
4
|
Idah, SPd.
|
5
|
Harniah, SPd.
|
5
|
Evriyani, SPd.
|
5
|
Meidarina, SPd.
|
6
|
Meliyatie, SPd.
|
6
|
Martini, SPd.
|
6
|
Listamiwiasie, SPd.
|
7
|
7
|
Neliwati, A.Md.Kom
|
7
|
Tugas-tugas Wali Kelas :
a.
Mengelola Siswa didalam Kelas binaannya, selama
1 (satu) tahun pelajaran 2014/2015 dan diperhitungkan Angka Kreditnya sesuai
aturan dalam PK-Guru.
b.
Wali kelas membantu Sekolah mengelola
Administrasi terkait Urusan Kurikulum : Mengelola Laporan Kemajuan Hasil
Belajar, berupa Rapor sementara, setiap triwulan pertama semester pelajaran dan
Rapor Semester pada setiap akhir semester.
c.
Khusus untuk Wali Kelas VII dan VIII wajib
memperhatikan Pedoman Penilaian Kurikulum 2013 ( Permendikbud No.66/2013), dan
mempersiapkan Form Rapor Kurikulum 2013, bekerja sama dengan Teknisi IT : Yono,
SPd., dan Wakasek Kurikulum.
d.
Wali Kelas membantu mengelola dan membuat daftar
inventaris Barang di Ruangan Kelas binaannya secara berkala tiap triwulan.
e.
Wali Kelas membantu mengelola Administrasi
Kesiswaan, berupa : Database Siswa di Kelas Binaan, Update Data untuk Database
Dapodikdas kelas binaannya, Melakukan Pengawasan Kehadiran Siswa melalui
Absensi Kelas dan mencatatkan Rekapitulasi Absensi Siswa secara berkelanjutan
dalam data wali kelas dan menyampaikan rekapitulasi absen bulanan di kelas
untuk Laporan Bulanan Sekolah melalui Wakasek Kesiswaan dan Staf tata usaha.
f.
Wali kelas berperan aktif mengkomunikasikan
perkembangan belajar dan perilaku siswa binaannya kepada kepala Sekolah melalui
Wakasek Kesiswaan dan kepada orang tua/wali siswa yang bersangkutan.
g.
Wali Kelas memberikan waktunya
sekurang-kurangnya 1 kali setiap minggu untuk tatap muka di kelas ( setiap hari
Sabtu siang, dan atau pada saat Jam Pelajaran yang kosong di kelas binaan )
dalam rangka : Pembinaan Kelas, Bingbingan Belajar, Layanan Konseling, Laporan Perkembangan
Belajar, Evaluasi Kehadiran ( merekam absensi mingguan ) dan tidak lanjutnya.
h.
Wali Kelas berperan aktif, melakukan penegakan
Tata tertib Point di kelas binaannya.
Siswa yang tidak hadir tanpa keterangan selama 3 (tiga) hari
berturut-turut dan atau Akumulasi 5 (lima) hari diberikan Terguran Tertulis dan
pembinaan khusus. Surat Teguran
diberikan sebanyak 2 (dua) kali dalam satu semester.
i.
Wali Kelas memberikan Surat Peringatan kepada
peserta didik dan orang tuanya, terkait kehadiran adalah sebanyak 1 (satu) kali
dalam satu semester, setelah diberikan Teguran kedua. Surat Peringatan terhadap pelanggaran Tata
Tertib dan perilaku lainnya di sekolah diberikan maksimal 2 (dua) kali dalam
satu semester.
j.
Wali Kelas mengajukan Permohonan untuk
Pengembalian Siswa kepada orang tua, apabila : Siswa tidak mengindahkan
Peringatan (Kehadiran) dan Peringatan Terakhir terkait pelanggaran ketertiban
dan disiplin.
k.
Wali Kelas membentuk Pengurus Kelas dan menunjuk
Perwakilan Kelas dalam Kepengurusan OSIS.
l.
Wali Kelas membuat Jadwal Petugas Kebersihan
Kelas, dan Kebersihan Lingkungan Sekolah.
m.
Wali Kelas melatih siswanya untuk melaksanakan
Upacara bendera, senam pagi dan kegiatan keagamaan.
n.
Wali Kelas mengolah dan menyimpan Data Akademik
siswa binaannya : Dalam File Aplikasi Ledger, dan meyimpan dokumen data
kesiswaan, termasuk portofolio peserta didik selama 1 (satu) tahun pelajaran
2014/2015.
o.
Wali Kelas terlibat aktif dalam menggerakkan
siswanya melaksanakan kegiatan Sabtu Bersih, Jum’at Sehat, Jum’at Beriman dan
Senin Bernegara serta kegiatan lainnya.
p.
Wali Kelas berperan aktif meningkatkan
ketertiban kelas, kebersihan kelas, keamanan kelas, kenyamanan kelas, dan
penghijauan halaman kelas yang memberikan kontribusi terhadap Sekolah Sehat dan
Sekolah Adiwiyata.
q.
Wali Kelas mengupayakan seluruh pengelolaan dan
pemberdayaan siswa di kelas binaannya
untuk dinominasikan dalam Pemilihan Kelas Terbaik.
r.
Wali Kelas hanya diberikan kewenangan memberikan
Ijin maksimal 3 (tiga) hari dengan memperhatikan kehadiran siswa sebelumnya.
s.
Wali Kelas terlibat aktif dalam penelusuran
Bakat Siswa binaannya, dan berperan aktif mendorong kegiatan siswanya dalam
Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib dan Pilihan yang dinilai dan dilaporkan kepada
orang tuanya.
t.
Mengisi buku kerja Wali Kelas.
7.
Guru Mata
Pelajaran
No
|
Nama Guru Mapel
|
Mapel-1
|
Mapel-2
|
JJP
|
Keterangan
|
1
|
Sri Hayati, SPd.
|
Bhs. Indonesia
|
-
|
26
|
Kls.7
& Kls. 9
|
2
|
Meidarina, SPd.
|
Bhs.
Indonesia
|
-
|
26
|
Kls.7
& Kls. 9
|
3
|
Anatoliamunti, SPd.
|
Bhs.
Indonesia
|
-
|
26
|
Kls.8
& Kls. 9
|
4
|
Apgrio Kartano, SPd.
|
Bhs. Inggris
|
-
|
24
|
Kls.7
& Kls.9
|
5
|
Listamiwiasie, SPd.
|
Bhs. Inggris
|
-
|
24
|
Kls.7,
8, 9
|
6
|
Niva Siola, SPd.
|
Bhs. Inggris
|
-
|
24
|
Kls.8
& Kls.9
|
7
|
Agustito, MPd.
|
Bhs. Inggris
|
-
Bhs.
Indonesia
Peng.
Diri
|
4
6
12
|
Kls.8
Kls.8
Kls.
9
|
8
|
Yono, SPd.
|
Matematika
|
-
|
30
|
Kls.
7,8, 9
|
9
|
Novalianti, SP.
|
Matematika
|
-
|
30
|
Kls.
7,8, 9
|
10
|
Evriyani, SPd.
|
Matematika
|
-
|
25
|
Kls.7
& Kls. 8
|
11
|
Ujis, SPd., MM.
|
IPA Terpadu
|
-
|
9
|
Kls.
8 & Kls.9
|
12
|
Winae, SPd.
|
IPA Terpadu
|
-
|
12
|
Kls.
7
|
13
|
Idah, SPd.
|
IPA Terpadu
|
-
|
20
|
Kls.
7 & Kls.9
|
14
|
Martini, SPd.
|
IPA Terpadu
|
-
|
30
|
Kls.
8
|
15
|
Heryati, SPd.
|
IPA Terpadu
|
-
|
30
|
Kls.
7,8, 9
|
16
|
Amelie, SPd.
|
IPS
Terpadu
|
-
Bhs.
Indonesia
|
16
12
|
Kls.
8 & Kls.9
Kls.
8
|
17
|
Singah, SPd.
|
IPS
Terpadu
|
-
|
24
|
Kls.
8 & Kls.9
|
18
|
Meliyatie, SPd.
|
IPS
Terpadu
|
-
|
24
|
Kls.
7
|
19
|
Liling Lenlioni, SPd.
|
IPS
Terpadu
|
-
|
12
|
Kls.
8
|
20
|
Yudie, SPd.
|
PPKn
|
-
|
24
|
Kls.
7 & Kls.8
|
21
|
Harniah, SPd.
|
PPKn
|
-
|
Kls.
7 & Kls. 9
|
|
22
|
Brisnie, SPd.
|
*)
|
Seni
Budaya
|
27
|
Kls.
8 & Kls. 9
|
23
|
Christy Lore A., SPd.
|
**)
|
Seni
Budaya
|
24
|
Kls.
7 & Kls. 8
|
24
|
Sudiro, SPd.
|
Penjaskes
|
-
|
18
|
Kls.
8 & Kls. 9
|
25
|
Yonas Indrawan, SPd.
|
Penjaskes
|
-
|
15
|
Kls.
7 & Kls. 9
|
26
|
Uce, A.Md.
|
Penjaskes
|
-
Mulok
|
9
6
|
Kls.
7
Kls.
9
|
27
|
Prandianto Wibowo, SPd.AH
|
( Agama )
|
Penjaskes
|
9
|
Kls.
7
|
28
|
Neliwati, A.Md.Kom
|
Prakarya / TIK
|
-
|
26
|
Kls.8 &
Kls.9
|
29
|
Fina Apriliantie, SPd.K
|
Prakarya
|
(
Agama )
|
12
|
Kls.
7
|
Deskripsi Tugas Guru Mata Pelajaran :
a.
Pelaksanaan Tugas Guru Mata Pelajaran mengacu
pada Penilaian Kinerja ( PK-Guru) dan Perhitungan Angka Kredit untuk
peningkatan karier. Pelaksanaan Kinerja
Guru Mapel, meliputi 14 Kompetensi berikut :
1.
Menyusun tujuan pembelajaran dalam RPP sesuai
dengan Silabus.
2.
Menyusun bahan ajar.
3.
Merencanakan pembelajaran yang efektif.
4.
Memilih Sumber belajar sesuai strategi dan
metode yang digunakan.
5.
Memulai (Pelaksanaan) Pembelajaran secara
efektif.
6.
Menguasai Materi Pembelajaran yang disajikan.
7.
Menerapkan strategi/metode pembelajaran yang
efektif.
8.
Memanfaatkan Sumber Belajar yang efektif.
9.
Menciptakan suasana dan ketertiban belajar.
10.
Menggunakan bahasa dengan baik dan tepat.
11.
Mengakhiri pembelajaran dengan efektif.
12.
Merancang alat evaluasi untuk mengukur keberhasilan
belajar.
13.
Menggunakan berbagai strategi/metode untuk
memastikan tercapainya kompetensi yang ditulis dalam RPP.
14.
Memanfaatkan hasil penilaian untuk umpan balik
peserta didik dan perbaikan RPP.
b.
Guru Mapel yang mengajar di Kelas IX,
menggunakan Instrumen dan Ketentuan Kurikulum 2006, dengan melaksanakan hal-hal
berikut :
1.
Berusaha merencanakan dan melaksanakan
pembelajaran memperhatikan SKL, SI, SK dan KD Mapel yang diampu, serta
pencapaian KKM yang ditetapkan sekolah.
2.
Membantu mensosialisasikan pelaksanaan Ujian
Sekolah dan Ujian Nasional serta aturan terkait kelulusannya, dari
penyelenggaraan Ujian sebelumnya.
3.
Semua Guru Pengampu Mapel di Kelas IX, menyusun
dan mensosialisasikan KKM Ujian Sekolah dan menyiapkan kisi-kisi Ujian Sekolah
disampaikan di awal Tahun Pelajaran 2014/2015.
4.
Setiap Guru Pengampu Mapel Kelas IX, menyusun
Soal-Soal Ujian Akhir Sekolah sesuai SKL, SK/KD Mapel yang diampu, dan tingkat
KKM yang ditetapkan.
5.
Guru Mapel yang diujinasionalkan wajib melakukan
analisis dan penajaman pada SK/KD pelajaran, sesuai dengan kisi-kisi Ujian
Nasional.
6.
Guru Mapel yang diujinasionalkan wajib
melaksanakan Jam Tambahan dan merumuskan startegi sukses Ujian Nasional ( dan
segala kemungkinan UN online ) dengan penuh tanggung jawab pada Mapel
yang diampu masing-masing.
7.
Guru Mapel yang diujinasionalkan wajib
melaksanakan kegiatan Ujicoba UN secara mandiri, dan Ujicoba UN yang
difasilitasi Dinas Pendidikan Kabupaten Gunung Mas.
8.
Guru Mapel yang diujinasionalkan wajib melakukan
analisis terhadap hasil Ujicoba UN dan melakukan perbaikan strategi untuk
mempersiapkan Peserta Didik lulus 95 – 100 %.
c.
Guru Mata Pelajaran yang mengajar di Kelas VII
dan VIII wajib melaksanakan seluruh instrument dan ketentuan yang berlaku dalam
Kurikulum 2013, memperhatikan beberapa hal :
1.
Guru yang sudah dilatih khusus oleh LPMP,
melaksanakan Kurikulum 2013 wajib membantu dan mengimbas kepada Guru Mapel yang
belum dilatih.
2.
Semua Guru Mapel Kelas VII dan VIII wajib
mempelajari File Petunjuk Teknis Pelaksanaan Kurikulum 2013 semua Mata Pelajaran;
Wajib mempelajari Permendikbud No. 81A/2013 dan Lampiran-IV : Pedoman Umum
Pembelajaran.
3.
Semua Guru Mapel Kelas VII dan VIII dalam hal
perencanaan dan pelaksanaan kegiatan pembelajarannya, wajib melaksanakan
Permendikbud No. 65 Tahun 2013 dan petunjuk teknisnya ( berkonsultasi dengan Kepala Sekolah ).
4.
Semua Guru Mapel Kelas VII dan VIII serta Wali
Kelas VII dan VIII wajib melaporkan hasil penilaian pembelajaran sesuai Form
Rapor Kurikulum 2013 ( diwajibkan membaca
: Permendikbud No. 66/2013 ).
d.
Proses Pembelajaran di Kelas VII dan VIII (
Kurikulum 2013 ) :
1.
Pembelajaran Kurikulum 2013, wajib memperhatikan
SNP dari PP No. 32 Tahun 2013, dan Permendikbud No. 54/2013 tentang SKL dengan
ringkasan sebagai berikut :
2.
Merencanakan dan melaksanakan Pembelajaran
menggunakan Pendekatan Scientifik ( Pendekatan Ilmiah ) dan pengembangan
cara pembelajaran berbasis penyingkapan ( discovery
/ inquery learning ) dan pemecahan masalah ( Project Base learning ) untuk pengembangan Sikap, Pengetahuan dan
Ketrampilan Peserta Didik, sebagai berikut :
3.
Dalam pelaksanaan pembelajaran, diwajibkan
menggunakan Buku Guru dan Buku Siswa, yang disediakan sekolah.
e.
Penilaian Hasil Belajar di Kelas VII dan VIII (
Kurikulum 2013 ) :
1.
Penilaian Kurikulum 2013, menggunakan Penilaian
Autentik dengan berbagai instrument dan teknik untuk memastikan perkembangan
Sikap, Pengetahuan dan Ketrampilan siswa.
2.
KKM Mapel yang ditetapkan sekolah menjadi acuan
penilaian, dan laporan penilaian menggunakan skala nilai 1 – 4, yang diolah dengan
mengkonversi nilai KKM ( Baca : Permendikbud
No. 66/2013 dan Panduan Teknis Penilaian Mata Pelajaran ).
3.
Setiap Guru Mapel wajib merencanakan dan
melaksanakan Kegiatan Ekskul yang bercirikan karakteristik Mata Pelajaran dan
atau Sub Mapel, sebagai Ekskul Pilihan Kurikulum 2013.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar