Jumat, 25 Juli 2014

Bab III, ... Uraian Tugas Guru Agama....


Bab III, lajutan.... 
8.      Guru Agama dan Budi Pekerti
No
Nama Guru Mapel
Mapel-1
Mapel-2
JJP
Keterangan
1
Hardiansyah, S.Ag.
Ag. Islam dan Budi Pekerti
-
25
Kls. 7, 8, 9
2
Janae, S.HI.
Ag. Islam dan Budi Pekerti
-
24
Kls. 7 & Kls.8
3
Ernawatie, SPAK.
Ag. Kristen dan Budi Pekerti
-
24
Kls.7 & Kls.9
4
Aminandae, A.Md.
Ag. Kristen dan Budi Pekerti
-
21
Kls.8
5
Fina Apriliantie, SPd.K
Ag. Kristen dan Budi Pekerti
-
6
Kls. 7
6
Ira Irene, S.Ag.
Ag. Katolik dan Budi Pekerti
-
25
Kls. 7, 8, 9
7
Heriasie
Ag. Hindu dan Budi Pekerti
-
17
Kls. 8 & Kls.9
8
Prandianto Wibowo, SPd.AH.
Ag. Hindu dan Budi Pekerti
-
9
Kls. 7

Deskripsi Tugas Pokok dan Fungsi Guru Agama dan Budi Pekerti :
a.       Pelaksanaan Tugas Guru Mata Pelajaran Agama dan Budi Pekerti mengacu pada Penilaian Kinerja ( PK-Guru ) dan Perhitungan Angka Kredit untuk peningkatan karier.  Pelaksanaan Kinerja Guru Mapel, meliputi 14 Kompetensi ( Baca : Uraian Guru Mapel di atas ).
b.      Khusus untuk kelas VII dan VIII, Beban Mengajar Guru Agama adalah 3 JP per Minggu dengan memasukkan nilai-nilai Budi Pekerti, pada setiap pembelajaran Agama.
c.       Guru Agama Wajib mempraktikkan pengamalan Agama dalam kegiatan pembelajaran di sekolah, dalam bentuk kegiatan “Jum’at Beriman”.  Seluruh siswa wajib melaksanakan Ibadah di sekolah dan dilaksanakan oleh Pengampu Mapel Agama dan Budi Pekerti ( untuk ketertibannya, disarankan dibuat Jadwal khusus ).
d.      Semua Guru Pengampu Mapel Agama dan Budi Pekerti wajib menginisiasi dan mengkoordinasikan kegiatan perayaan Hari Besar Agama, minimal 1 (satu) Jenis Perayaan Hari Besar Agama, dengan memberdayakan seluruh potensi siswanya dan mengkoordinasikan kegiatannya kedalam kegiatan sekolah.
e.      Semua Guru Agama dan Budi Pekerti, wajib membuat sekurang-kurangnya 1 (satu) Kegiatan Ekskul Agama, seperti : Kelompok Tadarus Spensa Kurun, Klub Pentas PAI Spensa Kurun, Klub Paduan Suara Gerejawi Spensa Kurun, dan Klub Basarah Spensa Kurun.
f.        Setiap Guru Agama wajib membuat Standar Budi Pekerti dan mensosialisasikannya ke semua warga sekolah, untuk dilaksanakan bersama-sama.

9.      Guru Bimbingan Konseling
No
Nama Guru BK
Kelas VII
Kelas VIII
Kelas IX
JJM
1
Dotie, SPd.
200

180
24
2
Yeyensie, A.Md.  ***)

220

24
3






Deskripsi Tugas Pokok dan Fungsi Guru BK :
a.       Pelaksanaan Tugas Guru Bimbingan Konseling (BK) mengacu pada Penilaian Kinerja ( PK-Guru Konselor ) dan Perhitungan Angka Kredit untuk peningkatan karier.  Pelaksanaan Kinerja Guru BK, meliputi 17 Kompetensi berikut :
1.       Menguasai teori dan praktik pendidikan.
2.       Mengaplikasikan perkembangan fisiologis dan psikologis serta perilaku konseli.
3.       Menguasai esensi layanan BK dalam jalur, jenis dan jenjang Satuan Pendidikan.
4.       Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
5.       Menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, individualitas dan kebebasan memilih.
6.       Menunjukkan integritas dan stabilitas kepribadian yang kuat.
7.       Menampilkan kinerja yang berkualitas tinggi.
8.       Mengimplementasikan kolaborasi internal di tempat kerja.
9.       Berperan dalam organisasi dan kegiatan Profesi BK.
10.   Mengimplementasikan Kolaborasi antar profesi.
11.   Menguasai konsep dan praksis asesmen untuk memahami kondisi, kebutuhan dan masalah konseli.
12.   Menguasai kerangka teoritik dan praksis BK.
13.   Merancang Program BK.
14.   Mengimplementasikan Program BK.
15.   Menilai Proses dan Hasil BK.
16.   Memiliki kesadaran dan komitmen terhadap etika professional.
17.   Menguasai konsep dan praksis penelitian dalam BK.
b.      Mengembangkan Unit Layanan BK yang nyaman, aman dan kondusif sebagai tempat aktivitas Konseling dan Pembimbingan.
c.       Membentuk Gugus BK : terdiri dari guru BK atas nama : Dotie, SPd., dan Yeyensi, A.Md.
d.      Mengkoordinasikan pelayanan BK kepada Wali Kelas, Guru Mapel dan Wakasek Kesiswaan.
e.      Menyusun rencana dan melaksanakan Layanan Bimbingan : minimal 4 (empat) macam bimbingan ( pribadi, sosial, belajar dan karier ).
f.        Menyusun dan melaksanakan Layanan Konseling secara tertutup, pratisipatif dan mengedepankan kode etik profesi BK.

10.  Staf Tata Usaha Tahun 2014/2015.

Nama
YONAS INDRAWAN
Pangkat / Golongan
PTT Sekolah

Deskripsi Tugas Staf Tata Usaha :
a.       Membantu perencanaan dan pelaksanaan kegiatan ketatausahaan sekolah tahun 2014/2015.
b.      Melaksanakan tugas ketatausahaan sekolah, terkait :
1.       Mengelola Agenda Surat Masuk dan Surat Keluar, dan meneruskannya kepada Kepala Sekolah.
2.       Mengirimkan Surat Dinas, Laporan dan lainnya.
3.       Menyediakan Absen Bulanan Pegawai dan Rekapitulasi Absen Pegawai setiap bulan.
4.       Merekapitulasi keadaan Absensi Siswa, setiap kelas setiap bulan dan menyediakan Absen bulan berikutnya sesuai update data sebelumnya.
5.       Membantu membuat Laporan Berkala Keadaan Sekolah.
6.       Mengelola Data Base : Kepegawaian, Kesiswaan, Data Akademik dan Sarana/Prasarana.
7.       Mengelola Buku Induk Siswa, dan memberikan Nomor Induk Baru untuk Siswa Baru dan Siswa Pindahan serta memutasi NIS untuk siswa keluar dan berhenti, up date setiap bulan.
c.       Membantu operator Dapodikdas meng-entry data, dan update data secara regular.
d.      Membantu Panitia Ujian Nasional meng-entry Data Aplikasi Ujian Nasional.
e.      Membantu kegiatan administrasi kegiatan resmi sekolah.

11.  Penjaga Sekolah Tahun 2014/2015 :
Nama
SIMSON
Pangkat / Golongan
PTT Sekolah

Deskripsi Tugas Penjaga Sekolah :
a.       Membuka dan menutup Ruangan ( Kelas dan Kantor ) termasuk Pintu Pagar, selama kegiatan sekolah.
b.      Mengisi Penampungan Air, untuk kepentingan Sanitasi dan MCK sekolah.
c.       Mengontrol Keadaan Kran Air ( memastikan Terkunci ) di Sambungan-1 dan Sambungan-2 pada saat kegiatan sekolah berakhir.
d.      Menjaga dan mengelola Penerangan Sekolah, Jaringan Listrik dan Lampu halaman masing-masing gedung.
e.      Membantu kebersihan lingkungan sekolah.
f.        Melaksanakan kegiatan “Jaga Malam” dalam bentuk Ronda dan Piket Malam di tempat yang disediakan sekolah untuk menjamin Keamanan Lingkungan Sekolah.
g.       Berkoordinasi dengan pihak terkait : Ketua RT setempat dan Kepolisian sektor Kurun untuk penanganan kasus Kamling, dengan melaporkannya langsung kepada Kepala Sekolah.
h.      Melakukan kegiatan penyelamatan yang bersifat urgen, terkait ancaman terhadap fasilitas sekolah.
i.         Mengedepankan keselamatan diri dan resiko hukum, terhadap penanganan gangguan Kamling.
j.        Membantu tugas insidentil dari Kepala Sekolah.

12.  Pegawai Perpustakaan Tahun 2014/2015 :
Nama
ENIWATI
Pangkat / Golongan
PTT Sekolah

Deskripsi Tugas Pegawai Perpustakaan :
a.       Membantu pelayanan Sirkulasi Buku setiap hari, berdasarkan peraturan yang dikembangkan oleh Kepala Perpustakaan Sekolah.
b.      Membantu kegiatan Kepala Perpustakaan dalam rangka Menginvetarisasi Buku, Penataan/Penempatan Buku, Pembuatan Katalog dan Pengelolaan Data Buku.
c.       Membantu kebersihan fasilitas perpustakaan, perawatan sarana/prasarana dan kenyamanan pelayanan perpustakaan.
d.      Bertanggung jawab secara tidak langsung melalui Kepala Perpustakaan.

13.  Koordiantor Ekstrakurikuler  :  Sudiro, SPd.
Deskripsi Tugas Koordinator Ekskul :
a.       Merencanakan jenis dan bentuk Kegiatan Ekstakurikuler Pilihan, berdasarkan Bakat dan Minat Siswa serta keterkaitannya dengan Mata Pelajaran.
b.      Menyusun Jadwal Kegiatan Ekskul Tahun Pelajaran 2014/2015.
c.       Menyiapkan Tim untuk Ekskul yang terigrasi dengan Agenda Ekskul Nasional, seperti :
1.       Olahraga prestasi, Cabang Atletik ( Pelatih : Sudiro, SPd. ), untuk penyiapan Tim dalam Lomba O2SN Tahun 2015 ( target Cabang Atletik : lolos tingkat propinsi ).
2.       Klub Pencinta Matematika ( Pelatih : Yono, SPd.), untuk penyiapan Tim dalam Lomba Olimpiade Sains Matematika : Target masuk passing grade Propinsi tahun 2015.
3.       Klub Pencinta Fisika ( Pelatih : Heryati, SPd. ), untuk penyiapan Tim dalam Lomba Olimpiade Sains Fisika : Target masuk passing grade Propinsi tahun 2015.
4.       Klub Pencinta Biologi ( Pelatih : Martini, SPd. ), untuk penyiapan Tim dalam Lomba Olimpiade Sains Biologi : Target masuk passing grade Propinsi tahun 2015.
5.       Klub Pencinta IPS-Geografi/Astronomi ( Pelatih : Amelie, SPd. ) , untuk penyiapan Tim dalam Lomba Olimpiade Sains IPS : Target masuk passing grade Propinsi tahun 2015.
6.       Klub Bahasa Indonesia ( Pelatih : Meidarina, SPd. ), menyiapkan partisipasi dalam LKIR Tahun 2015.
7.       Klub Bahasa Inggris ( Pelatih : Apgrio Kartano, SPd. ), menyiapkan partisipasi Lomba Story Telling tahun 2015.
8.       Klub Pentas PAI ( Pelatih : Hardiansyah, S.Ag), menyiapkan Tim dalam Lomba Pentas PAI tahun 2015, target Juara Umum.
9.       Klub Paduan Suara ( Pelatih : Niva Siola, SPd. ), menyiapkan Tim Obade untuk perayaan nasional di Kabupaten, mengikuti FLS2N Tingkat Propinsi Kalteng tahun 2015.
10.   Klub Sepak Bola ( Pelatih : Yonas Indrawan ), menyiapkan Tim Bola dan berprestasi di ajang LPI Kabupaten Gunung Mas tahun 2015.
11.   Klub Cerpen ( Pelatih : Anatoliamunti, SPd.), dipamerkan dalam Pameran HUT Gumas, dan Lomba Cerpen Tahun 2015.
12.   Klub Melukis ( Pelatih : Brisnie, SPd.), menyiapkan Pelukis untuk Lomba FLS2N Tahun 2015.
d.      Mengoordinasikan kegiatannya dengan pihak ketiga ( pihak sponsor ) serta Pembinaan Induk Olahraga di KONI Gunung Mas.

14.  Majelis Pembina Gugus Depan 01-02 Tjilik Riwut
Deskripsi Tugas Majelis Pembina Gudep 01-02 Tjilik Riwut :
a.       Anggota Mabigus Gudep 01-02 Tjilik Riwut, SMPN-1 Kurun : Ujis, SPd.,MM., Winae, SPd., Meliyatie, SPd., Yono, SPd., dan Hardiansyah, S.,Ag.).  Menyiapkan Pengukuhan Gudep 01-02 Tjilik Riwut, SMPN-1 Kurun Tahun 2014.
b.      Pembina Pramuka Putri : Meliyatie, SPd., dan Pembina Pramuka Putra : Hardiansyah, S.Ag., menyusun kriteria prestasi, bakat dan minat khusus untuk menjadi Anggota Aktif Gudep 01-02 Tjilik Riwut, Tahun 2014.  Rekruitmen anggota Gudep berdasarkan prestasi Ekskul Wajib Pramuka yang dilaksanakan sekolah.
c.       Memfasilitasi kegiatan Gudep, dalam rangka Pelatihan Dasar Pramuka dan Lomba Kreatifitas Pramuka Penggalang tahun 2015.
d.      Membangun kerjasama dengan Kwaran Kurun dan Kwarcan Gunung Mas untuk pembinaan kegiatan Gudep.

15.  Pembina UKS
Deskripsi Tugas Pembina UKS : Singah, SPd.
a.       Menyusun rencana dan kegiatan pengembangan UKS tahun 2014/2015.
b.      Melaksanakan kegiatan UKS setiap hari Sabtu, minimal 2 (dua) kali sebulan.
c.       Melakukan kerjasama dengan Tim UKS Kabupaten Gunung Mas, Instansi Pembina (Puskesmas Kurun) dalam rangka persiapan Lomba UKS dan Lomba Sekolah Sehat Tahun 2014 dan Tahun 2015.
d.      Melakukan pemeliharaan dan perawatan sarana UKS untuk menunjang kegiatan UKS

16.  Pembina PMR : Ira Irene, S.Ag.
Deskripsi Tugas Pembina PMR :
a.       Menyusun rencana dan kegiatan PMR SMPN-1 Kurun Tahun 2014/2015.
b.      Membentuk pengurus dan organisasi PMR Tahun 2014/2015.
c.       Melaksanakan kegiatan PMR, untuk persiapan Lomba tingkat Kabupaten dan Propinsi tahun 2014/2015.
d.      Berkoordinasi dengan organisasi Pembina, PMI Kabupaten Gunung Mas.
e.      Meningkatkan intensitas latihan dan persiapan prasarana lomba PMR.

17.   Pembina PIK-KKR : Sri Hayati, SPd.
Deskripsi Tugas Pembina PIK-KKR :
a.       Menyusun dan merencanakan kegiatan pengembangan PIK-KKR SMPN-1 Kurun Tahun 2014/2015.
b.      Membentuk Pengurus PIK-KKR SMPN-1 Kurun Tahun 2014/2015.
c.       Melaksanakan kegiatan rutin PIK-KKR Tahun 2014/2015.
d.      Menyiapkan cabang dan personil PIK-KKR untuk ajang Lomba Kreatifitas Remaja tahun 2015.

18.  Pembina OSIS : Winae, SPd.
Deskripsi Tugas Pembina OSIS :
a.       Menyusun rencana dan kegiatan OSIS Tapel 2014/2015.
b.      Membentuk dan melantik kepengususan baru OSIS Tapel 2014/2015, Pemilihan Pengurus Akhir Agustus 2014.
c.       Melaksanakan Latihan dasar Kepemimpinan bagi seluruh Pengurus OSIS, pada Triwulan-I Tahun 2015.
d.      Melaksanakan Aktifitas OSIS secara nyata, menunjang kegiatan siswa dan kegiatan sekolah.
e.      Menumbuhkan kepemimpinan melalui kegiatan OSIS.

19.  Penanggung Jawab Adiwiyata : Yudie, SPd.
Deskripsi Tugas Penanggung-jawab Adiwiyata :
a.       Semua Guru dan Siswa berperan aktif untuk mewujudkan Sekolah Adiwiyata Tahun 2015.
b.      Pengendalian kegiatan Adiwiyata dikoordinasikan oleh Penanggung Jawab.
c.       Keberhasilan Adiwiyata adalah Perubahan Perilaku yang peduli lingkungan pada semua warga sekolah.
d.      Mengembangkan kegiatan pengelolaan sampah dan sanitasi.
e.      Mengembangkan kegiatan penghijauan lingkungan sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar